Sejarah dan Perkembangannya
Yayasan Al Falah Al Khairiyah merupakan Yayasan Pendidikan Islam tertua di Indonesia. Yayasan ini berdiri pada tahun 1906 di suatu daerah yang masyarakatnya memiliki tradisi dan kesadaran pendidikan relatif tinggi, yaitu Bondowoso. Pada tahun 1912, Pemerintah Kolonial Belanda untuk pertama kalinya meresmikan Yayasan Pendidikan Islam di Indonesia dengan tiga bidang orientasi, yaitu bidang pendidikan, dakwah serta sosial-budaya yaitu Yayasan Al Falah Al Khairiyah Bondowoso. Peresmian tersebut berangkat dari pertimbangan akan besarnya peran serta kontribusi positif yayasan tersebut dalam membentuk peradaban serta moralitas sosial masyarakat sekitar yang ideal. Kiprah Yayasan Al Falah Al Khairiyah Bondowoso terus mengalami peningkatan seiring dengan kedewasaannya dalam berorganisasi dan mengabdi kepada komunitas masyarakat sekitar. Dalam perkembangannya, yayasan ini kemudian melahirkan sederetan alumni pendidikan dengan integritas serta kompetensi keilmuan, sumber daya manusia dan oralitas bangsa yang tinggi.
Selaras dengan perkembangannya, pada tahun 2000, sekelompok alumni yayasan tersebut yang berdomisili di Jakarta di bawah naungan Ikatan Alumni Yayasan Al Falah Al Khairiyah Bondowoso ber-inisiatif untuk membentuk sebuah Yayasan Pendidikan Islam yang juga bergerak di bidang pendidikan, dakwah, serta sosial-budaya sebagai upaya pengembangan dan lanjutan atas misi Yayasan Al Falah Al Khairiyah Bondowoso yang ternilai sukses dalam menorehkan kontribusinya bagi masa depan bangsa. Secara resmi -dengan menyewa gedung di kawasan Condet, Jakarta Timur- pada 25 Agustus 2000 Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta terbentuk dengan langkah awal mendirikan TK/TPA/TQA Al Falah Al Khairiyah Jakarta yang berdomisili di Jalan Batu Kinyang II Rt. 006/04 No. 100 Condet – Kramat Jati - Jakarta Timur. Berbagai tantangan yang lebih komplek dan signifikan terus mewarnai dan menerpa dinamika yayasan ini. Kerasnya peradaban dan tantagan Ibu kota telah membawa yayasan ini menjadi sebuah yayasan yang banyak berperan dalam membentuk karakter, moralitas kebangsaan dan sosial, serta akademi pendidikan di kawasan Jakarta. Dalam bidang sosial, yayasan ini berhasil berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan sosial msyarakat Indonesia, khususnya di kawasan Jakarta Timur. Selain itu, di bidang budaya, yayasan ini telah turut berpartisipasi dalam melestarikan nilai-nilai budaya klasik bangsa yang merupakan aset berharga bangsa ini sebagai sebuah warisan nenek moyang bangsa.
Tak lama kemudian, atas upaya dan komitmen jajaran pengurus serta berbagai elemen masyarakat dalam membina dan membangun yayasan ini, akhirnya pada tahun 2005 Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta mampu memiliki sebuah gedung yayasan beserta TK/TPA/TPQ Al Falah Al Khairiyah Jakarta yang kami nilai cukup memadai untuk meningkatkan kinerja serta pengabdian kami bagi bangsa dan masyarakat. Peningkatan kinerja seiring dengan kepemilikan atas gedung bagi eksistensi Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta secara tidak langsung telah ‘mendongkrak’ signifikan kerja jajaran pengurus dan meningkatkan kontribusi kami bagi bangsa dan masyarakat Indonesia dalam berbagai aspeknya. Sehingga kemudian eksistensi kami semakin terasa dalam tatanan sosial masyarakat Ibu kota sebagai sebuah yayasan yang berkontribusi positif signifikan dalam membangun masa depan bangsa dan masyarakat.
Selain itu, keberadaan gedung serta kinerja pengurus yang baik telah berhasil membentuk kepercayaan serta perspektif bagi masyarakat sekitar akan eksistensi yayasan ini sehingga dalam perjalanannya yayasan ini terus mengalami peningkatan signifikan dan terus melebarkan ‘sayap’ nasionalisme dan moralitas etis bangsa di atas panji-panji nasionalisme-religius.
2.Lokasi
Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta berdomisili di Jalan Batu Kinyang II Rt. 006/04 No. 100 Condet – Kramat Jati - Jakarta Timur. Telp (021) 8001352 Faks (021) 8001352 E-mail : alkhairiyah@yahoo.com
3.Susunan Kepengurusan
Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta Periode 2009-2012
Ketua Umum : Mustafa Hasan Al Haddar
Wakil ketua Umum : Hadun Muhammad Al Muhdar
Ketua : Ali Moh Amin Al Haddar
Ketua : Salim Anis Al Habsyi
Ketua : Hasan Mahdi Al Muhdar
Ketua : Hamid Husien Al Muhdar
Wakil Ketua : Ir. Achmad Ali Al Muhdar
Wakil Ketua : Alwi Abubakar Al Idrus
Wakil Ketua : Syeich Umar Al Idrus
Wakil Ketua : Saleh Al Bahar
Sekretaris Umum : Ir. Ahmad Husien AM., M.MTr.
Wakil Sekretaris Umum : Ahmad Buftiem, SE
Sekretaris : Rizal Idrus Al Muhdar
Sekretaris : Husien Ali Al Haddar
Sekretaris : Mohamad Bagir Al Hadad
Sekretaris : Husain Rayhan Al Habsyi
Bendahara Umum : Muhammad Abubakar Al Hamid, SE.Ak.
Wakil Bendahara Umum : Muhammad Kamil yahya Al Haddar
Bendahara : Mustafa Achmad Al Muhdar, ST.
Bendahara : Ali Muhammad Al Bahar
Bendahara : Abdullah Saleh Banahsan
Bendahara : Ridho Zaghladi
Bidang Pendidikan
Mustafa Moh. Amin Al Haddar
Yusuf Idrus Al Muhdar
Husein Abubakar Al Hamid, ST.
Husein Jakfar Al Haddar
Alwi Mahdi Al Hamid
Bidang Ekonomi
Abdul Aziz Saleh Balasad
Alwi Moh Amin Al Haddar
Muhammad Saleh Balasad
Salim Ali BSA
Anton
Bidang Dakwah & Komunikasi
Hamid Jakfar Al Haddar
Muhammad Bagir Hadun Al Muhdar
Ali Zainal Abidin Husein Al Muhdar
Muhammad Bagir Al Bahar
Ali Abu Thalib Al Muhdar
Muhammad Salim Al Haddar
Bidang Sosial, Budaya dan Olah Raga
Sadik Ali Al Muhdar (Koord. Sosial)
Abdullah Achmad Al Idrus (koord. Budaya)
Ahmad Muhajir Al Haddar (koord. Olah Raga)
Saleh Ghazi
Salim Muhammad
Guraish Al Haddar
Hasan Hamzah
Muhdar BSA
Haidar Musawwa
Abdul Kadir Baharun
Husien Al Qadri
Achmad Agil
Muhammad Bagir BSA
4. Kurikulum Pembelajaran
Pengajaran dan pengembangan kurikulum pendidikan dalam TK/TPA/TQA Al Falah Al Khairiyah Jakarta –sekaligus yang nantinya kemudian akan menjadi kurikulum dasar bagi seluruh lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta- dilandaskan pada kurikulum multiple intelligence yang merupakan pengembangan atas Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang selama ini diupayakan dikembangkan dalam khazanah pendidikan bangsa Indonesia. Kurikulum multiple intelligence merupakan bentuk kurikulum terbaru yang dirumuskan oleh Dr. Howard Gardner yang akhir-akhir ini sukses dikembangkan di berbagai negara-negara maju di seluruh dunia yang ternilai efektif dalam menunjang potensi sumber daya manusia dalam berbagai aspeknya dengan membentuk dan mengembangkan dua belas bentuk kecerdasan yang mutlak ada pada setiap individu.
5. Kegiatan
5.1. Bidang Pendidikan
Pada bidang pendidikan, Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta ternilai telah berkontribusi dalam melakukan pembenahan dan membentuk sumber daya manusia masyarakat sekitar yang lebih berkualitas dan ternilai memadai untuk berkontribusi dan bersaing dalam era globalisasi denagn beraga tantangannya. Selain itu, yayasan ini ternilai mampu berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan bangsa melalui kurikulum multiple intelligence-nya yang ternilai sesuai dengan realitas masyarkat Indonesia. Beberapa kegiatan yang selama ini telah direalisasikan oleh yayasan ini, yaitu:
Pendirian TKA/TPA/TQA Al Falah Al Khairiyah Jakarta
Pemberian beasiswa
Pengadaan kursus Bahasa Arab dan Inggris
Bimbingan dan panduan masuk perguruan tinggi.
Pesantren kilat
Penulisan sejarah Yayasan Al Falah Al Khairiyah
5.2. Bidang Dakwah
Pada bidang dakwah, Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta ternilai berkontribusi signifikan dalam membangun moralitas bangsa yang berlandaskan pada nilai-nilai nasionalisme etika sosial keagamaan guna membentuk kepribadian masyarakat bangsa yang tangguh dan nasionalis dalam menantang arus globalisasi. Serangkaian kegiatan bidang dakwah yang selama ini telah direalisasikan, yaitu :
a. Kegiatan Rutin • Pengajian bulanan ( pembacaan maulid dan ceramah agama )
• Kajian ilmiah dan bedah buku dwi mingguan
• Pengajaran Bahasa Arab & Inggris
• Silaturrahmi (‘Iwad) setiap Hari Raya Idul Adha
• Beragam kegiatan Ramadhan
• Peringatan Hari Besar Islam
Pada bidang sosial-budaya, Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta tercatat telah melakukan pembenahan sosial-ekonomi masyarakat –khususnya di kawasa Jakarta, sekitar yayasan- dan membangun suatu tatanan sosial-ekonomi sekitar yang memadai melalui pembentukan koperasi dan badan bantuan sosial-ekonomi bagi masyarakat sekitar yang berada dalam strata sosial-ekonomi di bawah rata-rata. Hal ini sebagai wujud kontribusi kami dalam meretas problematika sosial-ekonomi bangsa yang kami rasakan sebagai problematika dasar dari sederetan problematika bangsa ini. Adapun di bidang budaya, yayasan ini tercatat telah berkontribusi aktif dalam melestarikan dan mengapresiasi nilai-nilai dan praktek kebudayaan yang menjadi aset ‘mahal’ bangsa selama ini. Beberapa kegiatan sosial-budaya yang selama karir yayasan ini telah direalisasikan, yaitu :
a. Kegiatan Sosial• Program kesejahteraan, khususnya bagi anggota
• Membentuk bidang pengarahan kerja, khususnya bagi anggota
• Khitanan masal
• Pengupayaan penanganan masalah pernikahan, khususnya bagi anggota
• Membentuk lembaga penerimaan dan distribusi zakat, infaq dan shodaqoh (baitul maal)
• Pengobatan gratis dan donor darah
• Bantuan kemanusiaan bagi orang sakit
• Menyediakan perlengkapan jenazah dan pemakaman
• Transportasi dan santunan untuk anggota yang mengalami duka cita
• Memberikan,menghimpun dan mendistribusikan bantuan untuk musibah bencana alam
• Mengupayakan orang tua asuh bagi siswa-siswi Al Falah Al Khairiyah Jakarta yang kurang mampu
• Penyediaan transportasi dan akomodasi untuk mudik lebaran, khususnya bagi anggota.
b. Kegiatan Budaya dan Olahraga• Membentuk bidang pengarahan kerja, khususnya bagi anggota
• Khitanan masal
• Pengupayaan penanganan masalah pernikahan, khususnya bagi anggota
• Membentuk lembaga penerimaan dan distribusi zakat, infaq dan shodaqoh (baitul maal)
• Pengobatan gratis dan donor darah
• Bantuan kemanusiaan bagi orang sakit
• Menyediakan perlengkapan jenazah dan pemakaman
• Transportasi dan santunan untuk anggota yang mengalami duka cita
• Memberikan,menghimpun dan mendistribusikan bantuan untuk musibah bencana alam
• Mengupayakan orang tua asuh bagi siswa-siswi Al Falah Al Khairiyah Jakarta yang kurang mampu
• Penyediaan transportasi dan akomodasi untuk mudik lebaran, khususnya bagi anggota.
• Melestarikan khazanah budaya khas Islam klasik berupa hajir marawis, hadrah dan musik sholawat
• Futsal ( sepak bola ruangan )
• Bulu tangkis
• Pekan Olahraga Al Khairiyah Jakarta (POAJ)
• Futsal ( sepak bola ruangan )
• Bulu tangkis
• Pekan Olahraga Al Khairiyah Jakarta (POAJ)
6. Fasilitas
Gedung yayasan
- Ruang kelas
- Aula
- Musholla
- Tempat wudhu
- Area bermain siswa/siswi
- Kamar mandi
- Ruang Kepala TK
- Ruang guru
Ruang pengurus yayasan